Senin, 27 Oktober 2008

Dispendik Canangkan Penghijauan Sekolah

*Setiap Sekolah Diberikan 20 Bibit Pohon Mahoni

LUBUKLINGGAU-Beberapa tahun terakhir kita dikejutkan peristiwa bencana alam yang terjadi di mana-mana, seperti banjir tanah longsor dan lain-laian. Kondisi alam yang tidak bersahabat itu terjadi disebabkan rusaknya ekosistim alam akibat penggundulan hutan.


Berkaca dari peristiwa tersebut Kepala Dinas Pendidikan (Dipendik) Kota Lubuklinggau, Drs H Jufri Effendi MM, merasa terpanggil dengan mencanangkan penghijauan di pekarangan sekolah.

Program penghijauan itu mulai kemarin (Senin, 27/10) digulirkan pada upacara bendera di SMAN 4 Lubuklinggau terlatak di Kelurahan Siring Agung, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II.

Kepala Dinas Dispendik, Jufri, bertindak selaku Pembina Upacara. Dalam amatnya Jufri, mengatakan sebagaimana kita ketahui bersama kondisi udara kian meburuk sebagai akibat rusaknya hutan.

“Untuk itu saya menghimbau kepada kepala sekolah, guru dan siswa-siswi agar peduli dengan lingkungan sekolah dengan giat melakukan penghijauan dan kebersihan lingkungan
Sekolah. Tujuan utama dari gerakan penghijauan lingkungan sekolah ini, agar sekolah menjadi rindang dan sejuk. Kalau lingkungan sekolah sejuk kegiatan belajar dan mengajar menjadi nyaman, juga dapat meningkatkan kreatifitas. Begitu pun sebaliknya kalau lingkungan sekolah gersang tentu akan menimbulkan suasana yang tidak nyaman,” jelasnya.

Kemudian, Jufri, juga menghimbau agar meningkatkan kedisiplinan belajar dan mengajar baik intrakulikuler dan ekstrakulikuler. Dan tingkatkan mutu akademik dan non akademik, demikian kata Jufri.

Untuk menunjang program penghijauan tadi Jufri, menyerahkan bibit pohon Mahoni yang diterima langsung oleh Kepala SMAN 4 Lubuklinggau, Zulheri SPd, didampingi pengurus OSIS.
Selesai upacara di SMAN 4, Kepala Dispendik dan jajaranya melanjutkan kunjungannya ke SMAN 6 terletak di Kecamatan Lubuklinggau Selatan I dan SMAN 3 di Kecamatan Lubuklinggau Utara I, untuk memberikan bibit pohon mahoni sekaligus memberikan pengarahan kepada guru.


Kepala Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau, Jufri melalui Kabid Dikmenti, Abdullah, mengungkapkan program penghinjauan sekolah ini akan dilakukan secara meraton dengan mengunjungi sekolah-sekolah. Untuk menunjang program penghijauan itu Dispendik memberikan 20 bibit pohon mahoni.
“Sekolah yang belum dikunjungi hari ini (Senin, 27/10) akan dilanjutkan Senin pekan depan,” ujar Abdullah. (04)

Tidak ada komentar: