Selasa, 18 November 2008

Jumlah Pemustaka Terus Bertambah
*Sejak Menempati Eks Kantor Bappeda

LUBUKLINGGAU-Jumlah pengunjung Perpustakan kota Lubuklinggau terus mengalami peningkatan. Hal itu dapat dibuktikan dari total pemustaka (pengunjung-red) dari 2005 jumlah pemustaka hanya 3500 orang, 2006 mencapai 4000 orang, dan 2007 sampai 4500 orang. Sedangkan Januari hingga September 2008 jumlah pengunjung sudah mencapai angka 4448 orang.

Demikian diungkapkan staf perpustakaan kota Lubuklinggau, Sri Mulyani kepada koran ini di kantornya, Selasa (18/11).

Menurut Sri, peningkatan jumlah pemustaka terjadi sejak menempati gedung baru di eks kantor Bappeda kota Lubuklinggau di Jalan Garuda Hitam, tepatnya di samping Masjid Agung As-Salam Lubuklinggau. “Sejak kami pindah ke sini (eks kantor Bappeda-red) jumlah pemustaka terus bertambah, mungkin mereka lebih mudah untuk datang ke sini karena letaknya strategis,” kata Sri.

Ditambahkanya, pemustaka kebanyakan dari kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum, di antaranya ibu-bu rumah tangga. Kemudian staf bagian pelayanaan ini menyebutkan perpustakaan umum kota Lubuklinggau sekarang sudah memiliki koleksi 45 ribu judul buku.

Sedangkan total buku dari semua jenis buku ada 15 ribu eksemplar. Kemudian Sri, mengharapkan peran aktif masyarakat terutama bagi pemustaka agar berperan aktif untuk menyampaikan kritik dan saran termasuk usulan mengenai judul buku yang diinginkan. “Sehingga saat ada program penambahan buku kami bisa mengadakanya. Terkait soal saran yang dapat disampaikan secara tertulis, kemudian dimasukan ke dalam kotak saran,” harapnya.

Sri melajutkan, pihaknya berharap perpustakaan ini dapat berkembang pesat baik dari segi sarana maupun prasarana. “Sebenarnya perpustakaan ini belum begitu lengkap dari segi fasilitas ruangan. Boleh dibilang perpustakaan ini kekurangan ruangan seperti ruang tempat anak bermain,” pungkasnya.(04)

Tidak ada komentar: