Kamis, 20 November 2008

PB IKA LKS dan Dispora Mura Menggelar Diklat LKS
*Diikuti Siswa Utusan dari 20 Sekolah

MUSI RAWAS-Pengurus Persama Ikatan Keluarga Alumni Latihan Kepemimpinan Siswa (PB IKA LKS) bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olah raga (Dispora) kabupaten Musi Rawas (Mura) menggelar Pendidikan dan Latihan (Diklat), LKS Angkatan VI se-kabupaten Mura. Kegiatan berlangsung tiga hari, Kamis (20/11) hingga Sabtu (23/11), dipusatkan di Hotel Karya Dempo terletak di jalan Garuda Putih kota Lubuklinggau.

Ketua panita pelaksana, Lumatar Wahyudi, mengucapkan terima kasih kepada Dispora dan semua pihak yang telah membantu sehingga Diklat LKS angkatan VI dapat terlaksana. Dia menambahkan kegiatan itu dikuti 45 peserta utusan dari 20 SMA/SMK dan MA negeri dan swasta yang ada di kabupaten Mura. “Saya mengharapkan kepada para peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan baik, “ harapnya.

Selama Diklat, peserta mendapat bimbingan dari nara sumber seperti Dispora dan komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Adapun materi pada hari Kamis (20/11) dimulai dari, arah kebijakan pembangunan Pemkab Mura, guna tercapainya kesejahteraan masyarakat Kabupaten Mura dan peran serta pemuda khususnya pelajar dalam menyukseskan program tersebut. Peranan pemerintah melalui Dispora dalam membangkitkan kreatifitas pemuda. Kemudian Osis sebagai langkah awal, siswa belajar berorganisasi, dan pengenalan kampus.

Berikutnya Jumat (21/11), Pemberdayaan pemuda, yaitu yang pertama peran serta pemerintah guna membantu eksistensi organisasi pemuda yang ada di kabupaten Mura; kedua peran serta pelajar dalam memajukan pariwisata yang ada di kabupaten Mura; ketiga Dewan pimpinan Daerah (DPD) KNPI kabupaten Mura, sebagai tempat berhimpun organisasi pemuda yang ada di kabupaten Mura dan perananya; dan keempat leadership dan management organisasi.

Materi pertama Sabtu (22/11) Outtting. Dilanjutkan sejarah PB IKA LKS kabupaten Mura dan pemahaman terhadap Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) serta pimpinan organisasi LKS. Bingkai keluarga didalam IKA LKS. Sedangkan materi hari terakhir Minggu (23/11) tatacara berdiskusi dan teknik memimpin sidang dalam rapat dan teknik pembuatan proposal dan laporan kegiatan.

“Selama mengikuti Diklat peserta menginap di Hotel Karya Dempo,” demikian kata Lumatar Wahyudi.

Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Bupati Mura, H Ridwan Mukti yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olah raga (Kadispora), Drs H Saari Zahri. Kata sambutan tertulis yang dibaca Saari mengatakan, banyak hal dapat diungkapkan jika berbicara tentang orang-orang muda, generasi penerus bangsa. Mulai dari potensi, energi, semangat, cita-cita, minat, bakat dan pandangan-pandangannya tentang berbagai permasalahan yang terjadi di sekitarnya. Dari sekian hal yang menarik dari orang-orang muda yang paling menarik untuk diketahui adalah bagaimana pemuda seperti saudara-saudara, memandang dan menyikapi perubahan-perubahan yang terjadi dibidang sosial budaya, politik dan kepemimpinan, baik pada skala lokal maupun nasional.

Saari melanjutkan, mengetahui pandangan generasi muda menjadi sangat penting karena pandangan akan mempengaruhi sikap, yang selanjutnya akan menunjukan kecenderungannya dalam bertindak. Pandangan positif dan optimis, dan selanjutnya akan memunculkan perilaku atau tindakan yang positif pula, demikian sebaliknya.

Kondisi kejiwaan pemuda, terutama yang berada dalam kelompok usia remaja, sebagian besar masih dalam kondisi yang labil, lebih mudah terpengaruh yang datang dari luar. Untuk menangkal prilaku buruk pemuda perlu diselenggarakan forum-forum yang kiranya dapat menguatkan pandangan dan sikap positif kaum remaja, agar tidak mudah goyah terhadap pengaruh negatif dari lingkungan pergaulan, dan tempat tinggal serta tayangan televisi yang tidak mendidik.

Pemkab Mura menyatakan apresiasi positif kepada IKA LKS dan semua pihak yang menyelenggarakan Diklat LKS. “Kalian harus tetap optimis,” demikian Saari.

Kemudain Kadispora memukul gong sebagai tanda pembukaan Diklat LKS. Lalu Saari mengenakan tanda peserta kepada perwakilan peserta. (04)

Tidak ada komentar: